Senin, 14 Mei 2012

buah kapulaga


Berikut beberapa keterangan tentang Kapulaga menurut Wikipedia.
Kapulaga adalah sejenis buah yang sering digunakan sebagai rempah(bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu. Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yakni kapulaga Jawa (Amomum compactum) dan kapulaga sabrang atau kapulaga India (Elettaria cardamomum); kedua-duanya termasuk ke dalam suku jahe-jahean atau Zingiberaceae.

Di Indonesia, yang umum disebut kapulaga adalah A. compactum itulah; sementara di negara-negara yang berbahasa Inggris yang umum disebutcardamom (true cardamom) adalah jenis E. cardamomum (lihat padacatatan di bawah). Uraian berikut ini merujuk pada A. compactum, tumbuhan asli dari Jawa, yang dahulu dikenal sebagai A. cardamomum.
Nama-Nama Lokal
Kapulaga dikenal dengan banyak nama: kapulogo (Jw.); kapol (Sd.);kapolagha, palagha (Md.); kapulaga, karkolaka (bahasa Bali); kapulaga, garidimong (Sulsel); pelaga, puwar pelaga (Smt.); palaga, puwa palago(Mink.); kapulaga, kardamunggu (Btw.). [1]
Juga, kepulaga, puar, pelaga (Mal.); amome à grappe (Prc.); serta Java cardamom, round cardamom, false cardamom (Ingg.).[2] Namun ada pula yang mengenalnya sebagai Siamese cardamom, meskipun ini mungkin merujuk pada spesies yang berbeda.

0 komentar: