Kamis, 17 Mei 2012

manfaat bengle


bengle kering 150x150 Tanaman herbal Indonesia   Bengle
bengle

Nama latin : Zingiber Cassummunar roxb.
Nama lokal : Pandhiyang, Bengle, Panglay.
Diskripsi tanaman : Tanaman ini termasuk tanaman yang mudah tumbuh. Bisaditemukan hingga diketinggian 1300 m diatas permukaan laut. Tanaman ini juga mudah ditemukan diseluruh daerah. Tanaman ini banyak ditanam dipekarangan warga masyarakat. Dalam pengembangbiakan/penanamannya bisa digunakan rimpang yang sudah tua dan terdapat mata tunas.
Adapun ciri-ciri tanaman herbal bengle adalah sebagai berikut  :
  • Batang basah, menjadi rumpub yang rapat dan tingginya bisa mencapai 1,5 M.
  • Rimpang : Rimpang Bengle ukurannya lebih besar dari jahe.
Kandungan yang terdapat dalam Bengle adalah : Asam organik, lemak, gom, mineral, albuminoid, terdapat juga damar yang berasa pahit, dan Minyak terbang.
Sebagai tanaman herbal, mengingat kandungannya maka tak heran bila tanaman bengle ini banyak digunakan pula untuk  pengobatan, Dibawah ini beberapa manfaat bengle sebagai obat herbal :
1. Untuk obat sakit perut : Bagian tanaman yang digunakan adalah daunnya. Setelah dibersihkan dengan dicuci rebus sampai mendidh selama  1/4  dengan ditambahkan merica. Saring dan ambil airnya untuk diminum.
2. Sakit Asma, Sakit reumatik dan Cacingan : Bagian tanaman yang digunakan adalah rimpangnya. Setelah dibersihkan dengan dicuci terlebih dahulu, rebus dengan air sampai mendidih selama setengah jam. Saring dan ambilah airnya untuk diminum.
3. Demam : Bagian tanaman yang dimanfaatkan adalah rimpangnya. Setelah dibersihkan terlebih dahulu dengan dicuci, tumbuk rimpang tersebut dan gunakan sebagai kompres.
4. Sebagai peluruh lemak / pelangsing : Ambil 1/2 jari rimpang bengle. Cuci terlebih dahulu. Kemudian parut dan tambahkan dengan temu hitam tambahkan pula 1 sendok makan air jeruk nipis, juga 2 sendok makan madu aduk hingga merata kemudian peras dan ambil airnya, minum 2 – 3 kali sehari.

0 komentar: