Kamis, 17 Mei 2012

manfaat lempuyang wangi


Lempuyang merupakan salah satu tanaman tradisional Indonesia yang memiliki banyak manfaat. Lempuyang sendiri memili 3 jenis, yaitu :
1. Lempuyang Emprit (Zingiber Amaricans)
Lempuyang jenis ini memiliki manfaat sebagai obat untuk menurunkan suhu ketika menderita demam. Karena lempuyang jenis ini memiliki kandungan senyawa sekulterpenketun atau minyak atsiri yang dapat menurunkan suhu badan. Selain itu, lempuyang ini juga dapat digunakan untuk menambah nafsu makan. Pada umumnya bagian yang digunakan adalah rimpangnya yang berwarna putih kekuning-kuningan dan mempunyai rasa pahit.
2. Lempuyang Gajah (Zingiber Zerumbet)
Lempuyang jenis ini memiliki manfaat sebagai obat batu ginjal, menetralkan dan membersihkan darah, menghambat gerakan peristaltik usus halus pada kelinci, disentri, kejang pada anak, diare, menambah nafsu makan, sakit kuning serta sakit kulit (sebagai obat luar).
3. Lempuyang Wangi (Zingiber Aromaticum Val)
Lempuyang jenis ini mempunyai daya anti-bakteri terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Ekstrak rimpangnya mampu membunuh cacing tambang pada anjing. Selain itu, lempuyang ini dapat dijadikan sebagai obat asma, merangsang nafsu makan, mengurangi rasa nyeri pada lambung, pembersih darah, pereda kejang, penyakit kuning, radang sendi, kolera, anemia, malaria, penyakit syaraf, nyeri perut, cacingan serta masuk angin.
(Sumber : ijemherbal.pasarberingharjo.com)
Untuk membeli kapsul LEMPUYANG WANGI dan berbagai jenis kapsul herbal lain, silakan klik blog : OBAT TRADISIONAL.
ARTIKEL II
Lempuyang adalah tanaman berbatang basah yang tidak berkayu, tingginya bisa mencapai 1,8 m. Daunnya bulat panjang, yang berkhasiat adalah rimpangnya yang berada dalam tanah. Meskipun menjalar, ia tidak disebut ubi jalar tapi disebut umbi rimpang. Umbi rimpang inilah yang berbau sedap sehingga disebut aromaticium. Tapi, rasanya sangat pahit.
Suku : Zingiberaceae
Kandungan dan manfaat : Pahit, Membersihkan darah. Lempuyang mengandung senyawa zerumbon, senyawa yang berkhasiat antikejang, juga memiliki kandungan kimia limonen, yang berbau sedap dan bersifat mengeluarkan gas (karminatif) hasil pencernaan makanan.
Kegunaan :
Kaki bengkak sehabis melahirkan
  • Rimpang lempuyang, cabai jawa, dicuci, dilumatkan. Beri air secukupnya. Peras dengan kain. Airnya diminum.
Ambeien
  • 3/4 jari lempuyang dicuci, diparut. Tambahkan 2 sendok makan air matang dan garam sedikit. Peras. Minum airnya 2x sehari, 1 sendok makan.
Kolik karena kedinginan
  • 1 rimpang lempuyang dicuci, dibakar, dilumatkan bersama 1/2 jari kunyit, 3 rimpang temu kunci, sepotong kayu ules, 5 biji adas, 11 butir ketumbar, 11 butir merica bolong, 20 helai daun poko segar. Semua direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Diminum 2x sehari, sesudah makan siang dan malam, masing-masing 1/2 gelas.
Menambah nafsu makan
  • 3 jari lempuyang dicuci, diparut. Beri 3 sendok teh air. Diminum 3x sehari 1 sendok teh sebelum makan.
Anemia
  • Cara I : Jari lempuyang dicuci tapi jangan dikupas, lalu diparut. Beri gula aren secukupnya. Rebus dengan 3 gelas air, sampai airnya tinggal 1 gelas. Setelah dingin minum sekaligus. Ulangi beberapa kali.
  • Cara II :2 jari lempuyang dicuci, dimemerkan, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum 2x sehari, masing2 1/2 gelas.
Gatal-gatal
  • Seibu jari lempuyang dicuci, diparut. Beri 1/2 gelas air. Peras. Biarkan mengendap. Ambil cairannya untuk diminum 1x sehari sampai sembCacingan
  • Lumatkan 2 jari rimpang lempuyang, 3 bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci. Lembutkan / parut kedua bahan. Beri air 1/2 gelas. Peras. Minum 2x sehari, 2 sendok makan.

0 komentar: