Sabtu, 23 Juni 2012

manfaat/khasiat urang-aring


Mungkin banyak yang mengenal tanaman urang aring sebagai tanaman yang hanya akan sebagai penyehat rambut, tidak salah memang, karena urang aringmemang banyak di manfaatkan menjadi salah satu suplemen penyehat dan Penghitam rambut Di pasar dapat kita jumpai urang aring dalam bentuk minyak atau sudah di ambil ekstraknya menjadi bahan dalam shampo dan juga gel penata rambut.   



Namun dalam dunia pengobatan, tanaman yang memiliki nama latin Eclipta alba ini ternyata juga memiliki khasiat yang bermanfaat buat kesehatan kita. Apa saja manfaat lain dari urang aring ? ayo langsung kita simak:

  • Mengobati Gusi bengkak
Caranya: Panggang daun urang aring secukupnya sampai kering, kemudian tumbuk sampai menjadi bubuk. Selanjutnya oleskan bubuk tersebut ke bagian gusi yang sedang sakit.
  • Mengobati diare
Caranya: Rebus 30 g daun urang aring dengan air secukupnya sampai mendidih, setelah dingin saring dan minum airnya.
  • Mengobati Batuk darah
Caranya: Lumatkan 60 g daun urang aring segar dan peras airnya, kemudian seduh air perasan dengan air hangat secukupnya dan minum selagi hangat.
Caranya: Lumatkan segenggam daun urang aring dengan 2 gelas air, kemudian saring dan diamkan satu malam. Selanjutnya gunakan air tersebut untuk membasahi kulit kepala sambil di pijat - pijat secara merata. 

0 komentar: